Tips Kredit Mobil untuk Karyawan Kantor Gaji UMR

Tips-Kredit-Mobil-untuk-Karyawan-Kantor-Gaji-UMR
Foto dari Canva

Sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih mobil sebagai alat transportasi untuk pergi ke kantor, kampus atau tempat lainnya. Kredit mobil menjadi salah satu solusi yang sering dilakukan sebagian orang untuk membeli mobil meski gajinya masih pas-pasan.

Harga mobil yang lebih mahal dibanding motor ternyata membuat beberapa orang kesulitan mengumpulkan budget untuk membelinya. Namun, dengan adanya metode pembayaran berupa kredit maka masalah ini dapat diatasi karena pembeli bisa melakukan cicilan.

Tips Kredit Mobil untuk Karyawan kantor Gaji UMR

1. Tentukan Mobil yang Ingin Dibeli

Sebelum memulai tips lainnya, penting untuk menentukan mobil seperti apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Kini, banyak tipe mobil yang bisa Anda jumpai, mulai dari matic, manual, mobil berukuran besar, kecil, dan lain sebagainya.

Setiap jenis dan merek mobil memiliki harga yang berbeda-beda jadi Anda harus tahu dulu tentang kebutuhan. Jika mobil digunakan untuk mobilitas ke kantor dengan melalui kawasan macet, lebih baik memilih mobil berukuran mini agar lebih gesit.

Jika Anda sedang mencari mobil dengan harga relatif murah, jenis Low Cost Green Car (LCGC) bisa jadi pilihan karena harga yang ditawarkan mulai dari Rp 80juta hingga Rp 100jutaan.

2. Sisihkan Gaji Langsung setelah Menerimanya

Dengan mengetahui jenis mobil yang diinginkan, Anda akan mendapatkan kisaran harga atau budget yang harus dikumpulkan. Itulah mengapa penting untuk menyisihkan gaji secara langsung setelah menerimanya agar tidak habis digunakan untuk keperluan lainnya.

Setiap menerima gaji, Anda harus menyisihkan sejumlah uang dan menabungnya untuk membayar DP pembelian mobil meskipun ada penjual yang tidak mewajibkan DP. Cara ini lebih aman untuk menyisihkan sebagian gaji yang diterima meskipun pas-pasan.

3. Buat Skala Prioritas

Tips selanjutnya adalah membuat skala prioritas bulanan agar gaji dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kebutuhan utama yang harus menjadi prioritas antara lain uang makan dan transportasi harian baru kemudian Anda bisa mengalokasikan untuk kebutuhan lain.

Membayar tagihan menjadi kewajiban yang harus dipenuhi, begitu juga dengan membayar cicilan mobil. Setelah cicilan mobil setiap bulannya sudah dibayarkan, sisa gaji bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain, seperti hiburan, perawatan diri dan lain sebagainya.

4. Pilih Bank dengan Bunga Ringan

Layanan kredit sebenarnya tidak hanya disediakan oleh pihak bank, tapi juga lembaga keuangan lainnya. Apapun itu, pastikan Anda memilih lembaga keuangan dengan kredibilitas baik dan memberikan bunga ringan agar tidak membebani cicilan setiap bulannya.

Biasanya, lembaga keuangan yang baru berdiri menawarkan cicilan mobil dengan bunga lebih ringan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini agar bisa mendapatkan harga mobil terbaik tapi tetap harus waspada karena belum banyak portofolio yang bisa dijadikan pertimbangan.

Anda bisa memperhitungkan cicilan yang sesuai dengan gaji, paling tidak cicilan setiap bulannya tidak lebih dari 30% gaji yang didapatkan.

5. Pilih Tenor Paling lama

Terakhir, tips yang bisa dilakukan untuk memudahkan karyawan dengan haji UMR membeli mobil secara kredit adalah memilih tenor paling panjang. Semakin panjang tenor yang diambil maka semakin kecil pula nominal yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

Namun, pertimbangkan juga bunga yang diberikan pada setiap tenor karena biasanya panjang tenor juga memengaruhi besaran bunga yang harus dibayarkan.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan kredit, tidak perlu bingung lagi karena sudah ada SEVA. Platform ini melayani jual beli mobil secara online dengan fitur Instant Approval yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan mobil yang diinginkan tanpa syarat yang sulit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.